Rabu, 25 Agustus 2010

MONA LISA


Mona Lisa..
Salah satu dari sekian banyak karya misterius sang Da Vinci . Misteri Mona Lisa
yang sempat dipertanyakan, apakah gambar tersebut pria tau wanita ini, akhirnya terjawab sudah.
Menurut sumber yang terpercaya, bahwa model sebenarnya dari lukisan itu adalah Lisa Gherardini, istri seorang pedagang terkemuka dari Florence, Itali.
Da Vinci diperkirakan memulai melukis Mona Lisa pada tahun 1503 dan menyelesakannya selama empat tahun.
Leonardo menggunakan teknik desain piramida untuk menempatkan model pada ruang lukisannya. Dadanya, leher dan wajahnya berseri dalam cahaya yang sama dengan model tangannya. Tangannya bersandar pada sandaran lengan kursi. Dengan ceridknya Da Vunci membuat kesan visual yang membuat jarak antara Mona Lisa dan penikmatnya.

Da Vinci membuat Lisa Gherardini duduk tegak nyata dengan tangan yang terlipat. Dengan posisi dan mimik muka membuat dilema pada diri kita yaitu: kita tertarik pada lukisan ini tetapi dia seolah-olah harus tinggal jauh dari kita, sungguh sangat menyedihkan..
Jika kamu amati dengan seksama sekali lagi, Lisa atau Mona Lisa tidak mempunyai alis dan bulu mata. Menurut peneliti sejarah memetik bulu alis dan bulu mata adalah hal yang wajar dan sopan. Walaupun sebenarnya ada beberapa peneliti lukisan yang berpendapat bahwa Da Vinci sebenarnya melukis Mona Lisa lengkap dengan alis dan bulu matanya. Seiring berjalannya waktu lukisan pada bagian itu pun mulai hilang ditelan waktu.

guys, ni adjie kasih foto atau lukisan yang dianggap Lisa Gherardini, tapi masih belum tau kebenarannya.






Okai..seru juga yah ngebahas tentang karya Da Vinci ini, terutama Mona Lisa atau Lisa Gherardini. Mungkin nanti bakal ada update selanjutnya.
Kalo ada yang minat, share juga ya infonya..

see ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar